the journey begins...

Sunday, October 29, 2006

Ramadhan di Rantau

Ini kedua kalinya kami sekeluarga ber-Ramadhan di negeri orang. Tahun lalu di Onex, Geneve, tapi kurang berkesan karena lagi musim dingin :( Nah yang sekarang di Sharjah baru deh dapat 'the whole experience'. Ternyata kebiasaan orang Arab itu lain sekali dengan di Jakarta. Disini saat Ramadhan jam kehidupan langsung berubah. Baik dewasa maupun anak-anak semuanya jadi 'kalong' alias hidup di malam hari, tidur di pagi/siang hari. Mall-mall tutup dan baru buka jam 7 malam setelah iftar (buka puasa), jadi di sini nggak ada nggak kebiasaan ngabuburit dan buka puasa di luar. Beda banget ya sama di Jakarta, bayangin kalau menjelang berbuka susah sekali dapat tempat duduk di food court Plaza Senayan!!

Di televisi lokal Sharjah, setiap menjelang iftar selalu ada acara baca doa bareng dengan latar belakang orang-orang melambai-lambaikan tangan numpang masuk TV :) Saat maghrib tiba, tentara menembakkan meriam, baru deh Azan. Akram selalu menunggu-nunggu siaran menjelang iftar ini, sambil membalas melambaikan tangan (dia pikir orang-orang di TV bisa melihat dia 'dadah-dadah'...hehehe)

Yang unik juga, setiap Ramadhan ada semacam taman ria dadakan di beberapa lokasi seperti al majaz park, qanat al qasba dan taawun road. Aku setuju banget sama taman ria ini karena sangat mendukung physical activity untuk anak-anak. Jadi permainannya itu macam-macam, ada perosotan, ada trampolin...tapi semuanya terbuat dari balon. Anak-anak suka sekali, mereka lari-lari, loncat-loncat, sampai baju basah berkeringat. Hampir tiap minggu Akram minta ke taman ria ini. Aku sih senang-senang aja, soalnya jadi sehat dan tidurnya lebih nyenyak :)

Lebaran datang juga akhirnya. Kami sekeluarga diajak ke Abu Dhabi sama keluarganya pak Ari-mba Andia. Kebetulan mobil mereka 8 seaters, jadi kita pergi satu mobil rame-rame. Sangat menyenangkan. Abu Dhabi is very different from Sharjah or Dubai. Teduh banget!!! Banyak sekali pohon-pohon di tengah maupun sisi jalan. Hijau sejauh mata memandang, nggak melulu padang pasir seperti di Sharjah. Kami diajak bersilaturahmi dengan keluarga mba Andia dari Palembang. Hmm.. ada roti jala pakai Kari. Sedaaap! Tadinya kita mau ngopi2 di hotel Emirates Palace,bagus banget hotelnya!! Sayang saat itu mereka lagi kedatangan VIP jadi selain tamu hotel nggak boleh masuk :( Akhirnya kita duduk-duduk di coffee shop di pinggir Corniche Abu Dhabi. So lovely! Airnya warna biru turquoise, ada orang-orang naik jet ski, speed boat, terus banyak yang terbang dengan light weight aircraft...wow...pemandangannyaoke deh, pokoknya!

Nggak sabar menunggu Ramadhan datang lagi tahun depan. Pastinya Insya Allah lebih berkesan. Tapi setelah dipikir-pikir...we're going to fast in summer. Mudah-mudahan nggak masalah, yang penting keep the spirit up!

8 Comments:

  • At 12:16 PM, Anonymous Anonymous said…

    Assalamualaikum, Ras...
    Had a blast reading your blog! Gue suka bangettt :-)) Thx for telling me about it.

    Untung lo baru nulis sedikit, jadinya gue masih bisa membaca semuanya... hehehe (ketahuan deh gak kerja hari ini ;-p)

    Can't wait for your next posting! Gue jadi penasaran pengin ke Uni Emirat nieh. Di sana semua perempuan wajib pake jilbab gak ya?--pengin tahu deh... (^_^)v tulis tentang the people of Sharjah dongss...

    Take care
    wassalam

     
  • At 2:51 AM, Blogger kiky f said…

    Pake poto2x dunk kalo cerita sharjah.;-)

     
  • At 8:22 AM, Blogger laras said…

    Hai Indah...thanks ya udah mampir di blog gue. Hehe...iya masih sedikit baru mulai, kok, pas pindah ke Sharjah. Ayo main2 ke sini Indah. Disini jangan disamain sama Saudi Arabia, beda kok. Sangat modern dan women-friendly :) Apalagi mall2 dan pasar2nya...sangat women-friendly...:P Nanti Insya Allah gue cerita tentang orang-orang Sharjah yaa...kalau lagi mood...hehehe

     
  • At 8:23 AM, Blogger laras said…

    Hehe...lagi males upload foto dari kamera nih ky...nyusul yaaa poto2nya... :P

     
  • At 5:16 PM, Blogger thesuryantoros said…

    Hai Laras....seru baca blog kamu...Ramadhan di Geneva berlalu seperti biasa aja...memang suasana beda yach.......peluk cium buat Akram....keep in touch

     
  • At 11:30 AM, Blogger laras said…

    Iya mba Rian...Ramadhan kalau musim dingin rasanya gimanaaa gituuu...i'm just not a winter person :P Disini masih kerasa bau-bau INdonesianya....masih banyak anak-anak yang main petasan (dan yang jual petasan juga ngumpet2...persis kayak di jkt kaan...hehe)

     
  • At 1:12 PM, Blogger Anita Akbar said…

    Allow Ras, baru baca blog lo niy
    Gw jd nambah pengen ke Dubai, kyknya menarik untuk dikunjungin

     
  • At 4:03 PM, Anonymous Anonymous said…

    hai met kenal, mba bisa minta alamat emailnya? Masih di sharjah kan? Aku pengen tahu banyak tentang sharjah. Soalnya rencananya dalam waktu dekat aku mau ikut suamiku yg mau kerja disana. Thanks yah

     

Post a Comment

<< Home